Googke pagespeed

Website Penyedia Tool Gratis untuk Mengecek Kecepatan Loading Website

Sebagai pemilik website, Anda harus benar-benar memperhatikan kecepatan loading website Anda. Karena website yang loadingnya cepat akan lebih disukai pengunjung. Mereka akan lebih puas dengan website tersebut dan betah berlama-lama membukanya. Sebaliknya, apabila website Anda loadingnya lama, pengunjung bisa saja meninggalkan website bahkan sebelum terbuka sepenuhnya.

Kecepatan website juga bisa berpengaruh terhadap nilai SEO web Anda. Google menyukai website dengan kecepatan loading tinggi, sehingga apabila web Anda kecepatannya tinggi nilai SEO web Anda bisa meningkat.

Maka dari itu, Anda perlu sering-sering mengecek kecepatan website Anda. Jika Anda tidak tahu caranya, tidak perlu khawatir karena ada banyak website yang menyediakan tools gratis untuk mengecek kecepatan website. Untuk lebih jelasnya, simak daftar di bawah ini.

  1. Google PageSpeed Insight

Tool satu ini merupakan tool resmi dari Google untuk mengukur kecepatan dan kinerja website. Karena kecepatan website termasuk ke dalam indikator untuk menentukan rangking web pada halaman search engine oleh Google.

Melalui tool ini, kecepatan website Anda akan diberi skor. Skor 0-49 persen berarti lambat dan butuh perbaikan, sementara skor 50-100 persen sudah tergolong cepat. Di tool ini juga terdapat informasi mengenai apa saja yang perlu dilakukan agar loading web bisa semakin cepat.

  1. GTMetrix

GTMetrix adalah tool untuk mengukur kecepatan loading web dan menganalisanya. Tool ini sangat user friendly dan menjabarkan berbagai parameter yang penting bagi kecepatan sebuah website. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang membuat web jadi lambat.

Kecepatan website Anda nantinya akan disimbolkan dengan huruf, A berarti tercepat hingga Z yang paling lambat. GTMetrix tidak hanya mengukur, tetapi juga memberikan solusi dan tips agar web Anda mempunyai kecepatan loading yang tinggi.

  1. Pingdom

Pingdom hampir mirip dengan GTMetrix yaitu website yang memiliki tool gratis untuk mengecek kecepatan suatu website. Hasil tes kecepatan website-nya juga hampir mirip dengan GTMetrix yaitu dinyatakan dengan huruf A hingga Z.

Pingdom menyediakan lima lokasi server yang bisa digunakan untuk mengakses dan menganalisa website Anda. Kelima lokasi yang bisa dipilih tersebut adalah Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Australia.

Baca juga : Sachs Madass : Si Pencuri perhatian

  1. WebPagetest

Website penyedia tool untuk mengecek kecepatan web ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan media massa dari Amerika Serikat bernama AOL.

Ada beberapa fitur yang hanya terdapat di WebPagetest dan tidak ada di web lainnya, seperti blokir konten, capture video, perbandingan antara first view dan repeat view dan lain sebagainya yang bisa Anda jadikan sebagai pijakan untuk membuat website Anda lebih cepat.

Itulah beberapa website penyedia tool untuk mengecek kecepatan loading website Anda yang bisa digunakan secara gratis. Rajin-rajinlah untuk mengecek kecepatan website Anda agar Anda bisa meningkatkan kecepatan web apabila ternyata masih lambat.