kereta api eksekutif

Pengalaman Mudik Bersama Kereta Eksekutif Argo Bromo Anggrek Luxury

toddkerr – Sudahkah anda naik Kereta Api Argo Bromo Anggrek Luxury? Mungkin masih belum banya yang mengetahuinya ya. Argo Bromo Anggrek Luxury merupakan  gerbong kereta sleeper mewah yang dioperasikan oleh PT KAI. Gerbong yang satu ini telah dipasang pada Kereta Api eksekutif Argo Bromo Anggrek. Sebelumnya, ada kereta sleeper yang sudah pernah ada, yang bernama Kereta Api Bima atau Biru Malam.

Ini bukan untuk yang pertama kaliya saya menaiki kereta sleeper sebab sebelumnya saya sudah mengetahui tentang keberadaan dari gerbong yang satu ini. Namun saya memang begitu ingin mencoba gerbong ini yang konon katanya merupakan kereta termewah karya anak bangsa yang mirip dengan first class pesawat.

Peluncuran kereta sleeper mewah pertama di Tanah Air ini kalau tidak salah sudah sejak bulan Juni 2018 silam. Namun karena saya tidak mudik pada tahun lalu, maka saya pun beru sempat mencoba kereta Argo Bromo Anggrek Luxury saat ini. Saya mengambil rute Jakarta – Surabaya Pasar Turi.

Di waktu peluncuran pertama, harga tiket kereta Argo Bromo Anggrek Luxury masih promo yakni IDR 900.000. Sementara itu di hari normal tiketnya dijual dengan harga IDR 1.250.000. Tetapi karena saya kemarin berangkat di weekend, mendapatkan tiket Argo Bromo Anggrek Luxury dengan harga IDR 1.350.000.

Meski pun tidak dipasang dengan gerbong luxury, sebenarnya kereta api Argo Bromo Anggrek ini merupakan kereta dengan layanan kelas eksekutif tertinggi yang dimiliki oleh PT. KAI. Argo Bromo Anggrek sendiri merupakan kereta api eksekutif paling cepat yang melayani rute Jakarta – Surabaya PP dimana pemberhentian utamanya di Stasiun Gambir Jakarta dan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Rute itu bisa ditempuh Argo Bromo Anggrek dalam kurun waktu 9 jam saja. Untuk sementara, ini merupakan kereta jarak jauh paling cepat yang ada di Pulau Jawa.

Simak Juga : Yuk Simak Info Soal Spanyol Sebelum Mengunjunginya

Saban harinya, kereta api Argo Bromo Anggrek melayani rute Jakarta – Surabaya dalam dua kali pulang pergi. Di sepanjang perjalanan Jakarta – Surabaya, kereta Argo Bromo Anggrek hanya berhanti pada empat stasiun. Yakni Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon, Stasiun Tawang Semarang dan Stasiun Pekalongan.

Namun dengan harga tiket yang sampai 1.350.000 saya merasa pelayanan yang saya dapatkan kurang maksimal, sehingga masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi agar lebel luxury itu memang sudah benar – benar memuaskan bagi para penumpang.

Seperti misal waktu ada refreshing towel. Biasa kalau di pesawat terbang refreshing towel diambilkan oleh pramugari dan berupa handuk hangat. Namun di kereta api Argo Bromo Anggrek Luxury, yang saya dapatkan berupa handuk kering dan penumpang sendiri yang harus mengambilnya. Dan yang lebih lucunya lagi, alat untuk mengambil handuk berupa penjepit gorengan aluminium. Wah, rasanya awkward jadi jauh dari lebel luxury.

Itulah review saya bersama kereta api Argo Bromo Anggrek Luxury. Saya pun berharap ada peningkatan pelayanan untuk kedepannya. Terima kasih semua.